Toko Online – Mengeksplorasi Peluang E-Commerce
Beberapa tahun belakangan,
satu tren yang paling mencuat di negara Indonesia berkaitan dengan
komersialisasi Internet adalah menjamurnya toko online. Kelihatannya e-commerce
negara ini sedang bangkit. Tidak peduli apakah Anda seorang mahasiswa/i, ibu
rumah tangga, solo entrepreneur, ataupun perusahaan yang sedang
melirik sumber pendapatan alternatif yang menggiurkan… toko online menawarkan
peluang e-commerce yang tidak tertandingi saat ini.
Jika Anda tergabung dengan 35
juta lebih penduduk Indonesia yang ada dalam Facebook (data 2010), maka tidak
pelak lagi tren ini takkan bisa luput dari perhatian. Jumlah toko online di
situs jejaring sosial tersebut memenuhi dinding / wall Anda
setiap hari. Beberapa rekan saya sempat kesal dengan perubahan yang tiba-tiba
terjadi. Apa yang murni interaksi antar teman menjadi ajang promosi yang tiada
habisnya.
Nah, bagi yang tertarik untuk
memulai atau berekspansi ke dunia maya, tentunya ada daftar panjang pertanyaan
yang ada di benak. Bagaimana cara yang tepat untuk memulainya? Adakah pengaruh
toko online terhadap pasar dari bisnis tersebut? Apa yang dilakukan para
kompetitor? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Tepatnya bagaimana proses
seorang pelanggan melakukan pembelian? Apa saja cara pembayaran yang dapat
dipakai? Akankah masalah keamanan menjadi momok?
Itu hanya segelintir
pertanyaan yang saya terima setiap minggunya. Panduan ini saya tulis untuk
menjawab semua pertanyaan di atas, ditambah beberapa tips pribadi dari
pengalaman saya menjalankan online shop. Selamat menikmati.
MENGAPA MEMBANGUN TOKO ONLINE?
Mengapa tidak? Hal yang paling
mengagumkan tentang Internet adalah pertumbuhannya yang sangat pesat. Walaupun
masih banyak orang yang ragu-ragu untuk berbelanja online, mereka yang
memutuskan untuk mencoba dan menyukai kepraktisannya bertambah cepat. Ini
dibuktikan dengan bertambahnya jumlah toko online yang terlihat baik di situs
jejaring sosial maupun di mesin pencari.
Bagi entrepreneur yang
memutuskan untuk fokus pada dunia maya, dunia maya memberikan peluang yang tak
tertandingi. Sekecil apapun operasi toko online Anda, di Internet bisa jadi
sama menariknya dengan toko besar karena eksistensi toko jenis ini sepenuhnya
virtual. Sering juga pelanggan lebih menyukai toko kecil karena kedekatan yang
dirasakan dengan pemiliknya. Suatu hal yang tidak didapati dari toko online
besar.
Dan bagi badan usaha yang
telah memiliki toko dan ingin berekspansi online, mereka dapat menjangkau lebih
banyak pelanggan… dalam cakupan nasional, bahkan internasional. Yang ragu
membeli dapat melihat-lihat katalog produk online–suatu tren yang naik daun
karena praktis dan hemat waktu–dan kemudian memutuskan berkunjung ke toko di
dunia nyata untuk membeli. Sebenarnya langkah ini bukan merupakan pilihan lagi.
Karena jika tidak, kompetitor Anda sedang mempertimbangkan dan melakukannya.
APA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUKA ONLINE SHOP?
Membuka sebuah toko online
bukan hanya sekedar menyewa satu tim web developer, menegosiasikan
jumlah bayaran, mendiskusikan fitur dan kemudian membiarkan mereka melaksanakan
tugasnya. Prosesnya memerlukan perhatian yang besar pada setiap langkahnya.
Dengan alasan tersebut, Anda
setidaknya harus memahami bagaimana cara kerjanya secara garis besar. Beberapa bidang
yang harus diperhatikan dibagi dalam 3 kategori besar:
Perencanaan. Semua yang
perlu diketahui, dipertimbangkan dan diputuskan sebelum memulai projek ini.
Mengembangkan strategi
pemasaran. Bagaimana meluncurkan dan mengembangkan toko virtual tersebut,
mendatangkan lebih banyak pengunjung dan memelihara hubungan yang baik dengan
pelanggan.
Aspek teknis. Tidak perlu
mengerti detilnya, tapi bagaimana setiap komponennya bekerja… membentuk suatu
toko di dunia maya.
Mari kita bahas setiap area di
atas satu per satu.
TAHAP PERENCANAAN TOKO ONLINE
Internet adalah media yang
paling cepat dan tepat untuk mencari informasi, belajar dari yang lain dan
mengelola sumber daya yang dibutuhkan untuk memulai projek seperti ini. Namun
ini bukan berarti semuanya dapat dilakukan sambil lalu. Anda membutuhkan suatu
rencana yang matang, seperti halnya semua jenis bisnis.
Beberapa pertanyaan yang
membutuhkan pertimbangan yang matang didaftarkan di bawah ini satu per satu.
Apa yang akan dijual? Apakah
situs web media yang cocok? Lakukan sedikit riset untuk mencari tahu
apakah suatu produk dapat dijual online. Dewasa ini, bahkan untuk bisnis yang
membutuhkan kehadiran langsung, pelanggan mengharapkan ada situs web yang dapat
dikunjungi untuk berbagai informasi. Contohnya Ancol. Pengunjung terbantu
dengan berita, promosi, peta dan informasi lainnya. Dan ini tentunya mendorong
mereka melakukan kunjungan pada akhir pekan.
Apa yang dilakukan oleh yang
lain? Satu hal yang berbeda dengan dunia maya adalah, Anda dapat melakukan
riset mengenai kompetitor diam-diam dan tanpa membuang banyak waktu serta
usaha. Semuanya dapat dilakukan di rumah. Competitive intelligence ini akan
sangat bermanfaat untuk membedakan toko Anda dari bisnis online yang lain.
Proses ini terkadang
membutuhkan waktu yang relatif panjang. Misalnya Anda berencana menjual produk
kecantikan. Pencarian instan di Google akan membeberkan apa yang sedang
dilakukan pemain di ceruk pasar yang sama. Apa yang mereka tawarkan? Paket
promosi seperti apa yang bekerja? Memang tidak bisa disimpulkan dengan tingkat
akurasi 100 persen, tapi bila Anda memonitor kegiatan situs selama beberapa
waktu, akan menjadi jelas dengan sendirinya.
Promosi yang berhasil akan
dilakukan berulang-ulang, terutama bila promosi tersebut dilakukan melalui
media iklan. Hal-hal lain yang dapat dipetik adalah pemilihan produk,positioning dari
produk, struktur harga dan bahkan pertanyaan dan masalah yang sedang dihadapi
oleh prospek Anda. Bila mereka memiliki forum di mana komunitas berkumpul dan
berdiskusi, ada banyak hal yang dapat dipelajari dari sana.
Semua kegiatan ini membutuhkan
waktu, namun manfaatnya akan jauh melebihi investasi waktu yang Anda lakukan.
Dari semua pengetahuan yang diperoleh, Anda dapat membedakan bisnis online Anda
dari yang lain.
Siapa pelanggan Anda? Apakah
mereka dapat dijangkau dengan efektif online? Penetrasi Internet memang
lebih kerap terjadi untuk grup usia yang relatif muda, tapi tidak berarti
produk-produk yang diperuntukkan untuk dewasa akan sepi pembeli. Hal yang perlu
Anda ketahui adalah apakah Anda dapat menjangkau dan menjual kepada grup pelanggan
Anda dengan baik? Adakah kanal yang ekonomis atau bahkan gratis? Tentunya ini
semua tergantung dari harga produk dan besarnya keuntungan per pelanggan.
Semakin besar nilai tersebut, semakin tinggi kemampuan dan bervariasi hal yang
dapat Anda lakukan untuk mendapatkan seorang pelanggan.
Bila produk Anda tidak
terbatas untuk lokasi tertentu, pemasaran akan jauh lebih mudah. Bisnis yang
terikat pada lokasi geografis tertentu harus lebih berhati-hati agar tidak
terjadi pemborosan biaya saat melakukan promosi. Misalnya melalui iklan, harus
ada cara untuk menjangkau pemirsa tertentu agar pemirsa yang Anda capai
tertarget.
Setiap segmen pasar juga unik
sehingga pemasaran dan komunikasi harus dilakukan khusus untuk konsumen
tersebut. Apakah Anda dapat melakukan interaksi dengan mereka melalui media
sosial seperti Facebook?
Sumber daya apa saja yang Anda
butuhkan? Menjalankan toko online memerlukan perhatian ekstra. Ada
teknologi yang harus diintegrasi. Strategi bisnis dan pemasaran yang harus
direncanakan. Operasi sehari-hari serta administrasi yang harus dilaksanakan
agar semuanya berjalan lancar dan memiliki potensi untuk berkembang.
Pemilihan teknologi yang tepat
untuk situs Anda sangat menentukan. Misalnya bila Anda menjual produk nyata,
bukan digital, bagaimana mengintegrasikan antar muka dengan investaris atau
stok yang ada? Apakah software yang terpilih mendukung cara pembayaran dan
pengiriman yang Anda pilih? Bagaimana desain situs yang baik? Apakah Anda
membutuhkan bantuan profesional untuk itu?
Apa yang Anda lakukan untuk
melayani pertanyaan prospek? Customer service merupakan salah
satu komponen yang tidak dapat diabaikan. Hanya karena Anda menyewa staf tetap
untuk menangani bidang ini tidak berarti semua masalah beres. Pelatihan dan
komunikasi tetap merupakan hal yang penting karena customer service merupakan
citra toko online yang Anda miliki, karena mereka langsung berinteraksi dengan
prospek dan pelanggan.
Bagaimana cara mengirim barang
ke pelanggan? Ada beberapa pilihan. Jika target Anda pelanggan lokal,
melakukan pengiriman sendiri melalui kurir mungkin dapat dipertimbangkan.
Beberapa toko online yang saya ketahui melakukannya. Cara ini tidak saya
sarankan karena akan menambah beban operasi yang harus ditangani.
Jasa pengiriman seperti TIKI
dan JNE menawarkan solusi yang terjangkau. Beberapa jasa lainnya menawarkan
harga yang lebih miring, tapi kedua jasa yang disebutkan di atas memiliki
fasilitas pelacakan resi yang sangat bermanfaat baik untuk pelanggan maupun
bagi pihak toko.
Luasnya dan bervariasinya
letak geografis serta infrastruktur transportasi di Indonesia menyebabkan
perbedaan yang mencolok untuk biaya pengiriman. Harus diakui untuk
barang-barang tertentu, biaya ini saja akan memberatkan sebagian pelanggan.
Tapi tidak perlu patah semangat. Penawaran produk yang baik sering akan
mendapat sambutan yang hangat dan Anda tidak akan pernah menduga banyak
pelanggan yang mau melakukan apa saja, dan membayar berapapun, untuk memiliki
produk yang mereka sukai.
Jenis pembayaran apa saja yang
dapat diterima? Jawabannya tergantung. Sejauh ini semua toko online yang
saya ketahui menerima pembayaran melalui Internet banking, ATM, ataupun setoran
langsung. Beberapa toko memutuskan untuk menerima jenis pembayaran dalam bentuk
lain seperti PayPal, yaitu layanan pembayaran online melalui email. PayPal
berlaku secara internasional dan dapat dikaitkan dengan kartu kredit dan akun
bank Anda. Saat ini pemrosesan kartu kredit masih belum merupakan pilihan yang
lazim karena berbagai masalah.
Setidaknya milikilah akun BCA
dan Bank Mandiri karena kedua bank tersebut merupakan bank yang paling diminati
konsumen. Kedua bank tersebut juga menawarkan transaksi online yang sangat
nyaman tanpa harus ke ATM atau bank terdekat.
STRATEGI PEMASARAN TOKO ONLINE
Ada satu hal yang harus Anda
ketahui. Memasarkan produk melalui Facebook kelihatannya mudah. Mendaftar
sebuah akun juga gratis. Tapi inilah hal yang kurang diperhatikan oleh para
pemilik toko online. Mereka berasumsi karena yang lain melakukannya, itulah
cara yang tepat.
Kebijakan Facebook dengan
tegas melarang pendaftaran akun selain individu atau pribadi. Jika Anda
melakukannya, akun Anda dapat dihapus kapan saja. Melakukan tagging foto-foto
produk secara acak dan menambahkan orang-orang ke daftar teman tanpa mengetahui
mereka secara pribadi sering berakhir dengan sanksi pemblokiran. Ini semua
dapat dihindari bila Anda merencakan strategi pemasaran terlebih dahulu.
Berikut adalah beberapa
strategi jangka panjang yang telah terbukti di lapangan:
Mesin pencari (search
engines). Kompetisi bisa jadi sengit, tapi setiap produk adalah
kesempatan yang berlainan untuk mendapatkan ranking yang baik di hasil
pencarian. Dewasa ini, karena besarnya pangsa pasar dan penetrasinya di antara
pengguna Internet, Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang patut
diberikan perhatian lebih bila Anda menargetkan hasil pencarian organik.
Cara yang alami membutuhkan
waktu untuk mendapatkan ranking yang Anda inginkan. Alternatifnya, Anda dapat
membeli iklan yang akan ditampilkan di bagian sponsor–sebelah atas dan kanan
dari hasil pencarian–untuk menjangkau prospek tertentu.
Strategi mesin pencari
merupakan salah satu yang paling populer. Mengapa? Karena sebagian besar
pemakai Internet menggunakannya untuk mencari segala jenis informasi, termasuk
produk-produk yang mereka inginkan. Hasil riset menunjukkan metode ini
menempati urutan pertama dalam daftar strategi favorit usaha mikro, kecil,
menengah maupun besar.
Pengguna mesin pencari juga
terbukti akan membuka dompet untuk membeli produk atau jasa. Walaupun
membutuhkan waktu dan usaha, strategi ini paling ramai dilirik pemilik usaha
sebab pengunjung yang akan didapatkan sifatnya gratis.
Bila Anda memilih jalur
berbayar, Google menawarkan sistem periklanan pay per click, atau
bayar per klik. Biaya yang ditimbulkan bisa meledak bila tidak berhati-hati
dalam eksekusinya. Strategi ini hanya disarankan untuk mereka yang tahu apa
yang mereka lakukan. Biasanya bagi yang sudah berpengalaman dan tahu berapa
nilai per pelanggan mereka dapat menggunakan kanal ini secara efektif. Cara ini
juga dapat dipakai untuk melakukan eksperimen terhadap suatu produk karena Anda
dapat mendatangkan pengunjung dengan cepat.
Email marketing. Jika
dilakukan dengan benar, email marketing berpotensi besar. Berlainan dengan
strategi yang lain, email dapat menggali dan memperdalam hubungan dengan
pelanggan dan membuka komunikasi yang hanya dapat dilakukan secara
perlahan-lahan. Seorang marketer tentu telah menyadari pentingnya pendekatan
ini. Seorang pelanggan yang memiliki hubungan khusus dengan Anda akan menjadi
pelanggan selamanya.
Website selaku media memang
bermanfaat, tapi pengunjung yang datang jarang akan kembali kecuali mereka
sangat menginginkan apa yang Anda tawarkan. Bahkan jika mereka kembali, tidak
ada komunikasi proaktif yang dilakukan melalui situs. Tidak ada kontrol yang
mengkonversi seorang prospek menjadi pelanggan.
Publikasi newsletter melalui
email, misalnya, dapat membantu seorang prospek memahami tentang keunggulan
produk Anda. Proses ini tidak selamanya harus melibatkan pesan pemasaran yang
agresif, tapi juga tips dan informasi yang membantu. Cara ini, yang saya
namakan content marketing, telah terbukti lebih efektif.
Newsletter saya misalnya,
Bisikan Sukses, berisi konten unik dan eksklusif yang tidak dapat Anda temukan
di situs ini. Pelanggan mendapat tips, strategi, dan bahkan taktik yang dapat
mereka pergunakan untuk memulai dan mengembangkan bisnis online mereka. Banyak
dari pembaca kemudian memutuskan mendaftar ke berbagai kelas yang saya tawarkan
karena kagum dengan kualitas informasi gratis yang saya berikan.
Pikiran mereka, “Jika yang
gratis saja sudah begitu berkualitas, apa yang saya dapatkan jika menghadiri
kelas intensif?”
Anda juga dapat mengadopsi
strategi ini untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor secara instan… karena
kebanyakan usaha tidak memakainya. Mereka masih menggunakan metode pemasaran
tradisional, yang seperti yang Anda ketahui, telah berkurang efektifitasnya
dari hari ke hari.
Jejaring sosial. Seperti
yang dikatakan di atas, Facebook menawarkan peluang yang sangat besar karena
ada puluhan juta orang yang aktif menggunakannya. Masalahnya bila Anda tidak
ingin sumber pengunjung Anda hilang dalam seketika, pergunakanlah cara yang
mematuhi peraturan dan kebijakan Facebook. Setidaknya carilah strategi
alternatif yang dapat Anda pergunakan agar bisnis online Anda tidak terancam
karena tergantung pada satu sumber pengunjung.
Facebook menawarkan fasilitas
Page atau Halaman yang khusus didesain sebagai profil perusahaan, komunitas,
dan organisasi. Akun Facebook hanya diperkenankan untuk perorangan. Dengan
semakin maraknya penyalahgunaan, penegakan kebijakan akan semakin sering
dilakukan… jadi berhati-hatilah.
Beberapa pemula tidak mengerti
mengapa Facebook melakukannya. Alasannya sederhana saja. Kelangsungan hidup
Facebook sangat tergantung dari kualitas layanan yang diberikan. Bila semua
yang terlihat oleh pemakai yang login hanya tawaran produk, cepat atau lambat semuanya
akan menjauhi Facebook. Tentunya ini bukan hal yang diinginkan.
Alasan kedua adalah Facebook
menawarkan program iklan. Anda dapat mempromosikan dan mencari peminat untuk
Page / Halaman Anda melalui iklan. Dengan strategi ini, Facebook mendapatkan penghasilan
yang dapat mendukung operasi situs mereka yang mahal. Lagipula, sebagai badan
komersil, memang tujuan mereka mencari keuntungan.
ASPEK TEKNIS ONLINE STORE
Strategi yang melibatkan
Internet tidak dapat menghindari teknologi. Kabar baiknya, seiring dengan
perkembangan teknologi, semua hal-hal yang berbau teknis telah mengalami
perkembangan yang cukup berarti. Artinya, bahkan seorang awampun dapat belajar
menggunakan teknologi tanpa banyak kesulitan.
Beberapa aspek teknis dalam
membangun dan mengoperasikan toko online:
Pemilihan hosting dan server. Yang
satu ini merupakan topik yang sangat sering dibahas, tapi juga sering
disalahartikan. Banyak pemula yang berusaha mencari hosting murah karena bagi
mereka semuanya sama saja. Tidak demikian. Hosting murah hanya diperuntukkan
untuk situs pribadi yang tidak penting apakah akan mengalami masalah selama
berjam-jam dalam sebulan.
Membeli hosting murah untuk
situs Anda sama saja dengan membuka toko mewah Anda dengan lapak beralas koran.
Tidak ada yang akan menanggapi Anda dengan serius. Jika situs Anda lambat,
sering down dan bermasalah, pengunjung akan pergi. Setiap
insiden akan memperburuk citra, mengurangi penjualan dan mendatangkan masalah
yang pelik.
Hosting yang berkualitas tidak
harus mahal. Hanya dengan 10 sampai 20 dolar per bulan Anda dapat membeli
hosting untuk usaha kecil dan menengah yang berkualitas.
Software pengelola konten dan
shopping cart. Pilihan yang tepat akan menghindari frustrasi yang tiada
akhir. Banyaknya pilihan yang tersedia seringkali membingungkan. Dan tergantung
kepada suatu software house untuk keputusan penting ini
bukanlah hal yang bijak.
Jika Anda belum bisa
memutusksan, cobalah pergunakan aplikasi pengelola konten terlebih dahulu.
Prosesnya tidak harus sulit dari awal. Ketika saya membangun toko online
pertama sekali, semuanya hanya teks dan gambar. Pemesanan dilakukan melalui SMS
dan email. Metode ini cepat dan Anda dapat langsung menerima pesanan. Namun
untuk jangka panjang, proses ini bukanlah yang paling optimal dan nyaman bagi
pelanggan.
Toko online yang efisien
terdiri dari shopping cart / troli virtual yang dapat dipergunakan oleh
pelanggan secara elektronik. Penerimaan order dan konfirmasi pembayaran dapat
dilakukan dengan mudah dan otomatis tanpa campur tangan Anda. Tentu saja,
customer support masih diperlukan jika ada pertanyaan tambahan dari prospek
sebelum mereka membeli.
Desain situs yang menarik. Bukan
saja menarik, tapi usable. Artinya seorang pengunjung harus dapat
dengan mudah menggunakannya. Aspek ini sangat mempengaruhi jumlah pengunjung
yang tetap tinggal di situs Anda dan kemudian membeli. Templat dan tema desain
yang baik tidak dibanjiri dengan puluhan kotak dan gambar. Seorang desainer
profesional akan tahu cara membuat layout tampilan yang berfungsi dengan baik,
namun selaku pemilik toko Andalah yang menentukan apa yang harus dan tidak
perlu ditampilkan.
Bila Anda ingin berhemat,
tidak ada salahnya memilih templat yang sudah ada. Mungkin dengan sedikit
modifikasi. Perubahan desain dapat dilakukan di kemudian hari setelah Anda
mendapat umpan balik langsung ataupun tidak langsung dari pengunjung dan
pembeli. Kenyataannya, saya tidak tahu satu toko online pun yang tidak
mengalami perubahan desain setelah sepuluh tahun.
Share This :